Mari kenali Kanker Serviks dan Gejala Awalnya !!

Salah satu penyakit yang sangat ditakuti wanita adalah kanker serviks (CERVICAL CANCER) atau sering disebut juga dengan kanker mulut rahim. Penyakit satu ini merupakan salah satu momok yang sangat ditakuti kaum wanita.


Sebenarnya apa itu Kanker Serviks ??

Kanker Serviks adalah : Penyakit Kanker yang terjadi disekita mulut rahim. Semua wanita berpotensi terkena penyakit ini, tetapi pada umumnya kanker serviks menyerang wanita yang aktif secara seksual yang biasanya pada kisaran umur 30 - 45 tahun. Kanker Serviks sangat jarang terjadi pada wanita berumur 25 tahun ke bawah.
Kanker Serviks
Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) 80% penyakit ini terdapat di negara berkembang, Indonesia termasuk negara dengan penderita kanker serviks tertinggi didunia. Setiap tahun terdeteksi 15.000 kasus kanker serviks. Dan masih menurut WHO kanker serviks ini termasuk salah satu penyakit yang menempati peringkat atas yang menyebabkan kematian diantara berbagai penyakit kanker lainya.

Apa Penyebab Kanker Serviks

Secara umum penyakit ini disebabkan oleh HPV (Human Papillomavirus), HPV adalah kumpulan jenis virus yang menyebabkan kutil ditangan, kaki dan alat kelamin. Tetapi ada banyak HPV dan sebagian besar tidak berbahaya. Diantara banyaknya jenis HPV ada 2 jenis yang berbahaya yaitu HPV16 dan HPV18 yang 70% menyebabkan kanker serviks.

"Pada umumnya penyebaran kanker seviks melalui hubungan seks. baik itu secara genital ke genital - oral ke genital - manual ke genital. Jadi penggunaan kondom tidak menjamin keamanan karena kanker serviks bisa menular melalui cairan atau sentuhan kulit. Hindari berhubungan seks pada usia dini atau berganti-ganti pasangan"  

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko kanker serviks

  • berhubungan seks pada usia dini
  • berganti-ganti pasangan
  • merokok


Apa Gejala / Tanda-tanda awal Kanker Serviks ??


Gejala yang paling umum adalah : pendarahan yang tidak normal pada vagina setelah berhubungan seks baik itu diluar masa mentruasi atau setelah menapouse. Tapi ingat pendarahan belum tentu mengidap penyakit kanker serviks, harus diperiksa dahulu tapi kita patut curiga.

Gejala lainya :
  • rasa sakit setiap kali berhubungan
  • perubahan siklus menstruasi yang tidak diketahui penyebabnya
  • cairan yang keluar tanpa henti dari vagina yang berbau aneh atau berbeda dari biasanya, berwarna merah muda, coklat dan mengandung darah.

Pencegahan !!
  • Menggunakan kondom untuk Mengurangi resiko terkena 
  • Vaksin HPV. Vaksini lebih efektif jika diberika pada wanita yang belum aktif secara seksual
  • Hindari rokok, wanita yang merokok lebih sulit menghilangkan infeksi HPV dari tubuh, Infeksi ini yang menyebabkan kanker
  • Screening untuk kanker serviks atau pap smear adalah metode untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Pap smear leher rahim bukanlah tes untuk kanker. Tes ini hanya memeriksa kesehatan sel-sel pada leher rahim. Kebanyakan hasil tes pada wanita menunjukkan hasil normal. Lakukanlah pap smear secara teratur. Wanita yang pernah berhubungan seks dan terutama sudah berusia 25-49 tahun, disarankan untuk melakukan tes tiap tiga tahun sekali. Untuk wanita usia 50-64 tahun, disarankan melakukan tes lima tahun sekali.
Demikian sekilas info untuk mengenal kanker serviks dan gejala awalnya serta pencegahannya. semoga bermanfaat bagi pembaca.

(beberapa info diambil dari berbagai artikel)
Mari kenali Kanker Serviks dan Gejala Awalnya !! Mari kenali Kanker Serviks dan Gejala Awalnya !! Reviewed by Unknown on 23.59.00 Rating: 5

Tidak ada komentar