Apa saja jenis kolesterol ?

Apa saja sih jenis kolesterol ??

Kita sering sekali mendengar kolesterol, penyakit kolesterol dan sebagainya. Tentang kolestrol bisa di baca tentang penyakit kolestrol.

Sebenarnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh kita tapi dalam kondisi yang normal. Peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh jika kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti : gajih, goreng-gorengan. Tapi kolesterol tinggi juga dapat dipengaruhi dari usia dan berat tubuh.

Apa saja jenis kolestrol :

1. Low Density Lipoprotein


Low Density Lipoprotein atau sering juga di sebut LDL. Bila kita sering mendengar istilah kolesterol jahat, nah kolesterol ini lah yang dimaksud. Kenapa? karena kolesterol ini memiliki kecenderungan untuk melekat didinding pembuluh darah kita, sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.

2. High Density Lipoprotein

High Density Lipoprotein atau sering disebut juga dengan HDL. kolesterol jenis ini sering disebut kolesterol baik, karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat didalam pembuluh darah. kolesterol jenis ini juga dapat mencegah kolesterol mengendap di pembuluh darah dan dapat melindungi dari ATEROSKLEROSIS atau terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah. Kolesterol jenis HDL ini lebih berat karena mengandung lemak lebih sedikit dan mempunyai kepadatan yang tinggi.

3. Very Low Density Lipoprotein

Very Low Density Lipoprotein disebut juga VLDL. kolesterol jenis ini mengandung trigliserida atau jenis lemak yang tertinggi dibanding 2 diatas (HDL dan LDL). kolesterol jenis ini sering disebut juga kolesterol jahat sama seperti LDL karena tingginya. Kolesterol jenis ini juga dapat menyebabkan resiko penyakit jantung dan stroke tapi kolesterol VLDL ini kurang dikenal masyarakat karena tidak ada cara langsung untuk mengukur jenis kolesterol VLDL ini.

4. Trigliserida

Salah satu jenis kolestrol dalam tubuh dan terdapat dalam tubuh adalah trigliserida. Jenis ini bertanggung jawab dalam meningkatnya kadar kolestrol dalam tubuh. kadar trigliserida ini dipengaruhi oleh konsumsi alkohol, makanan berlemak. juga dipengaruhi karena berat tubuh.

itu lah Jenis-jenis kolesterol dalam tubuh, semoga kita semakin dapat mengerti tentang penyakit kolesterol.
Apa saja jenis kolesterol ? Apa saja jenis kolesterol ? Reviewed by Unknown on 21.29.00 Rating: 5

Tidak ada komentar