Apa itu Uban ?

Uban

Apa itu uban? Mungkin waktu kita kecil sering kali kita disuruh ayah atau kakek untuk mencabut uban dengan upah permen atau sekedar uang jajan. Tapi tahukah kita apa itu uban?


Menurut Wikipedia, Uban adalah :  rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Kandungan kadar melanin rata-rata orang indonesia mempunyai kadar yang lebih tinggi. Terjadi proses perubahan kadar melanin pada rambut dari hitam menjadi putih dan uban. Pada uban yang berwarna putih melanin tidak lagi diproduksi, sehingga rambut baru tumbuh tanpa mendapatkan pewarnaan dari melanin.

Uban timbul biasanya karena faktor usia dan kemampuan tubuh untuk memproduksi melanin, sehingga biasanya uban mulai timbul pada usia 40 tahun ke atas.

Uban Pada Usia Muda
Tetapi uban juga dapat muncul pada usia lebih muda karena adanya faktor genetis, juga karena faktor stress berkepanjangan dan juga kurangnya  Vit B12.
1. Stress berkepanjangan bisa menyebabkan tidak lancarnya tubuh memproduksi pigmen pewarna rambut yang disebut Melanin. Tetapi macetnya tubuh memproduksi melanin hanya bersifat sementara. Apabila stress sudah hilang, maka tubuh akan otomatis memproduksi kembali pigmen dan rambut akan kembali normal.
Stress yang berkepanjangan akan menguras cadangan Vit B12. Jadi apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung Vit B12 akan menghambat pertumbuhan uban.

2. Pada Faktor Genetik atau keturunan, ini kejadian yang sering / umum terjadi. Jadi apabila orangtua atau kerabat dekat mengalami uban pada usia muda maka timbulnya uban pada usia muda akan lebih besar.

3. Selain beberapa faktor diatas, masih ada beberapa faktor lagi yang akan mempercepat pertumbuhan uban pada usia muda yaitu : merokok, pewarnaan rambut, penyakit Tyroid dan masih banyak lagi.

Uban pada Penuaan
Pada kasus ini seperti yang dijelaskan diatas, ini terjadi karena tubuh sudah tidak lagi memproduksi melanin.

Jadi untuk memperlambat munculnya uban perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vit B12 dan juga memperhatikan kebersihan dan kesehatan rambut.

Demikianlah Artikel tentang, Apa itu Uban ? Semoga bermanfaat
Apa itu Uban ? Apa itu Uban ? Reviewed by Unknown on 23.05.00 Rating: 5

Tidak ada komentar