Beberapa penyakit yang paling sering menyerang bayi dan pencegahanya !!

Bayi

Bayi merupakan anugrah yang tidak terhingga bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Tapi beberapa pasangan muda yang tidak terbiasa tentu akan merasa panik apabila bayi kesayangan kita terserang penyakit.

Bagi pasangan muda, jangan cepat panik apabila bayi kita sakit. Dibawah ini ada beberapa penyakit yang paling sering menyerang bayi kita. Sehingga bagi pasangan suami istri atau pasangan muda tidak mudah panik apabila bayinya terserang penyakit.

Penyakit yang paling sering diantaranya :

1. Diare
Diare adalah problem kesehatan yang paling sering menimpa bayi menurut pada ahli kesehatan anak. Beberapa faktor yang menyebabkannya adalah makanan. Perbanyak asupan cair terutama air putih, apalabila selama 24 jam tidak membaik sebaiknya cepat-cepat menghubungi dokter anak.

2. Ruam Popok
Ini merupakan iritasi pada kulit bayi, biasanya disebabkan iritasi atau reaksi kulit bayi terhadapat urine atau tinja. Gejalanya terlihat kemerahan pada kulit atau bokong bayi.

Untuk mencegah :
- segera ganti popok bayi yang kotor
- bersihkan kulit bayi yang kotor
- keringkan kulit bayi sebelum memakai popok yang baru
- hindari penggunaan alkohol
- basuh tangan sebelum memakaikan popok
- oleskan krim/salep pencegah ruam

3. Penyakit Kuning
Hampir 50% bayi yang lahir normal dapat mengalami penyakit kuning ini, bahkan untuk bayi yang premature mempunyai persentase yang lebih besar. Penyakut kuning ini di kedokteran "BILIRUBIN dalam darah jumlahnya meningkat"

Bilirubin pada bayi terjadi karena belum befungsi secara normal, bilirubin indirek ini akan masuk ke jaringan tubuh bayi termasuk jaringan kulit sehingga kulit bayi terlihat kuning. Warna kuning juga terlihat pada mata putih bayi.

Yang perlu diperhatikan bila bayi mengalami penyakit kuning :
- Berikan cairan atau ASI sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin.
- Jemur bayi dibawah matahari (6.30 s/d 7.30) dengan cara membuka pakaian bayi (telanjang) tapi tutupin (halangi) mata bayi agar tidak silau terkena matahari
- Lihat kondisi bayi. Apabila bayi lemas, menangis tidak kuat dan tidak mau menyusui segera hubungi dokter anak.
- Apabila bayi tidak sembuh dalam 2 minggu segera hubungi dokter anak.

4. Cegukan
ini yang paling sering dialami bayi. cegukan sebenarnya tidak berbahaya tapi bila dibiarkan tentu akan mengganggu kenyamanan bayi.

untuk mencegah :
- ubah posisi menyusui
- usap/pijat perlahan bagian belakang bayi

Beberapa penyakit yang paling sering menyerang bayi dan pencegahanya !! Beberapa penyakit yang paling sering menyerang bayi dan pencegahanya !! Reviewed by Unknown on 23.35.00 Rating: 5

Tidak ada komentar